Semarak Ramdhan Di Tazakka

Semarak Ramdhan Di Tazakka

Semarak Ramadhan di PM. Tazakka

Seperti Ramadhan sebelumnya, bulan puasa kali ini akan disemarakkan dengan berbagai kegiatan keagamaan dan sosial. Maidatur-Rahman (MR), yaitu buka bersama dengan anak-anak yatim piatu dan dhuafa yang diadakan tiap hari selama Ramadhan menjadi kegiatan favorit. Seluruh kegiatan tersebut disponsori oleh Lazis Tazakka (Laztaz).

Menurut Ustadzah Eva, Direktur Laztaz, tradisi MR telah dimulai sejak 2008, ketika itu bertempat di rumah H. Anta Masyhadi dan hanya diikuti oleh kurang dari 10 orang. Menurutnya, sampai tahun 2010 masih murni menggunakan dana pribadi keluarga Bapak Anta, tetapi sejak tahun kemarin sudah diambil alih oleh Laztaz, sehingga siapa saja bisa ikut menyumbang pendanaan. Anggaran untuk MR tahun ini sekitar Rp. 200an juta. “Alhamdulillah, sekarang hari kelima puasa saja yang ikut sudah 235 orang, dan kecenderungannya bertambah tiap hari” tutur Eva.

Selain ta’jil dan buka bersama, mereka juga mendapat santunan uang tunai tiap hari seusai berbuka. Uang tersebut ditujukan untuk bekal sahur mereka di rumah. “Empat hari sekali kami tambah dengan bingkisan berisi bahan makanan pokok untuk keperluan dapur mereka; seperti mie instan, gula, telur dan teh”, tandas Eva.

Selain MR, Laztaz juga menyelenggarakan Pesantren Kilat (Sanlat) “Character Building” selama 4 hari untuk siswa-siswa sekolah setingkat SMP dan SMU. Ustadz Oyong Shufyan, MA sebagai Koordinator Sanlat mengatakan bahwa materi-materi yang diberikan meliputi: Baca tulis Al-Quran dan ibadah amaliah sehari-hari hingga materi kepemimpinan, wawasan masa depan, dan psikologi remaja. “Sanlat didedikasikan semacam “center of excellence” untuk menjaring bibit-bibit unggul” tandas Oyong.

Kegiatan lain berupa Silaturahim Akbar dan Buka Bersama dengan 3000an kaum muslimin. Ini merupakan agenda tahunan sejak 2009 sebagai media merekatkan ukhuwah Islamiyah dan konsolidasi akbar kaum muslimin.

Kegiatan lain adalah tebar nasi kotak di jalur pantura menjelang mudik lebaran, selama 4 hari sejak H – 5 lebaran. Untuk tahun ini digabungkan dengan kegiatan Polres, RS. QIM, Kospin JASA dan Bank Bumi Putera. RS. QIM mempersembahkan layanan Klinik DriveThru, dan konon yang pertama kali di Indonesia untuk mendeteksi tingkat stress para pemudik sehingga diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan. Sedangkan Bank Bumi Putera menyajikan asuransinya, dan Kospin JASA pada logistik. “Ini kerjasama antar lembaga supaya lebih kuat dan cakupannya lebih besar”, ujar Teguh Suhardi.