Prof. Dr. Nasaruddin Umar M.A.:”PRIBADI YANG LOW PROFILE”

Prof. Dr. Nasaruddin Umar M.A.:”PRIBADI YANG LOW PROFILE”

Sosoknya dikenal sebagai intelektual-pejabat atau pejabat-intelektual dengan kepribadiannya yang low profile. Gaya bicaranya terlihat teratur, lembut, dan tenang. Pria yang akrab dipanggil Pak Nasar ini mempunyai nama lengkap Nasaruddin Umar. Lahir di Ujung Bone Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juni 1959 buah pernikahan H. Andi Muhammad Umar dan H. Andi Bunga Tungke. Dia tumbuh di tengah keluarga yang menaruh perhatian besar terhadap agama. Karena itu, sebelum menempuh pendidikan formal, pendidikannya pada masa kecil ditangani sendiri oleh orangtuanya.

Kini, Pak Nasar mengemban amanah sebagai Wakil Menteri Agama RI dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Tangerang, setelah sebelumnya menduduki jabatan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (2006-2011). Di lingkungan Kementerian Agama, Pak Nasar bukanlah pejabat yang terdengar asing begitu disebut namanya, baik di pusat maupun daerah, karena peran dan kontribusinya selama ini.

Dalam kunjungannya di Pondok Modern Tazakka, peraih gelar doktoral di IAIN Syarif Hidayatullah setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul Perspektif Jender dalam Al-Qur’an di depan dewan penguji sidang munaqasyah ini mengaku terkesan dengan ide dan cita-cita Tazakka yang visioner. “Sangat penting saya sampaikan di sini bahwa Tazakka dan Az-Zaky memiliki keterkaitan makna dengan Tazkiyah, yaitu penyucian jiwa. Maka saya berharap pesantren ini mampu mendidik santri-santrinya secara totalitas, bukan sekedar intelektualitasnya melainkan juga batiniahnya” paparnya.