ASRAMA SANTRI SIAP DIGUNAKAN

ASRAMA SANTRI SIAP DIGUNAKAN

Pimpinan Pondok Modern Tazakka, KH. Anang Rikza Masyhadi, menyatakan asrama santri Pondok Modern Tazakka sudah siap untuk digunakan. Sarana dan prasarana sudah relatif memadai, tinggal taman-taman disekitar asrama untuk memperindah dan memperasri lingkungan.

“Secara keseluruhan asrama sudah siap digunakan untuk mukim santri, tinggal finishing ornamen dan beberapa pembenahan kecil agar kenyamanan semakin meningkat,” ujar Pimpinan Pondok saat rapat internal Panitia Penerimaan Santri Baru Pondok Modern Tazakka, Senin (13/5).

Dalam rapat yang digelar di Maktab Tazakka itu, Pimpinan Pondok mengatakan Panitia Pembangunan telah melakukan beberapa pembenahan seperti penambahan daya listrik, penambahan tempat penampungan air ukuran besar, manajemen pembuangan sampah, serta beberapa pembenahan kecil lainnya.
 
Pondok Modern Tazakka direncanakan akan mulai mengasramakan santri pada tanggal 1 Juli 2013 mendatang. Oleh karenanya, seluruh elemen di PM Tazakka harus berjuang keras agar semua fasilitas yang menunjang kegiatan santri bisa terpenuhi, termasuk sarana olah raga, dapur,
hingga etalase untuk surat kabar, papan kreativitas santri dan lain sebagainya. “Konsep pesantren modern berbeda dengan sekolahan, di sini menerapkan totalitas pendidikan, sehingga segala fasilitas yang berkaitan dengan santri harus ada sebagai sarana pendidikan” tandasnya.
 
Menurut Ustadz Anang yang paling prinsip dan mendesak adalah penyediaan fasilitas apa yang masuk dan apa yang keluar dari santri. Ia menjelaskan bahwa merancang pesantren itu ibarat merancang kehidupan, semuanya dipikirkan dan kita kerjakan. “Ya semua kita pikirkan,
mulai dari memikirkan apa yang masuk ke santri baik itu berupa makanan, minuman, termasuk pikiran-pikiran yang bakal masuk ke santri, hingga apa yang akan keluar dari santri, yang meliputi MCK, minat bakat, kreativitas, dan lain sebagainya” terangnya.
 
Ustadz selalu menjelaskan bahwa asrama pesantren tidak hanya berfungsi sebagai tempat menginap para santri, tetapi lebih dari itu berfungsi pula sebagai perpaduanantara tiga pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. “Kita ciptakan kegiatan-kegiatan yang mendidik dan dibuat seperti lingkungan masyarakat kecil, di kamar, di rayon, di kelas, di kelompok-kelompok pembinaan minat bakat dan lain-lainnya” terangnya. Ungkapan senada dilontarkan juga oleh Direktur KMI, Ustadz M. Bisri, ia menambahkan bahwa Pimpinan Pondok seringkali menekankan pentingnya menerapkan disiplin yang ketat dalam kehidupan asrama santri untuk bekal mental kemasyarakatan, meliputi disiplin waktu, disiplin pakaian, disiplin kegiatan, disiplin mental dan pikiran termasuk disiplin dalam ibadah.
 
“Pimpinan Pondok selalu menekankanpada guru-guru bahwa disiplin itu harus dipahamkan
dan ditanamkan kepada santri sejak pertama kali masuk, karena itu modal utama untuk maju dan meraihkesuksesan, terlebih PM Tazakka itu orientasinya adalah membentuk kader pemimpin umat, dan itu sudah menjadi komitmen kami di Tazakka bahwa pondok ini merupakan sekolah
kader” terangnya.