SEMARAKKAN RAMADHAN DENGAN BERBAGI

  • 29 Juni 2014
  • 263 views
SEMARAKKAN RAMADHAN DENGAN BERBAGI

Selama Ramadhan, Lazis Tazakka telah merencanakan sejumlah kegiatan, diantaranya: Maidaturrahman, Bingkisan Ramadhan untuk Dhuafa, Bingkisan untuk Da’i, Tali Asih Pantura dan Tasharruf Zakat Ramadhan.

Alhamdulillahprogram Semarak Ramadhan di Tazakka pada tahun-tahun sebelumnya dapat berjalan dengan baik atas partisipasi aktif para donatur dan muzakki. Kegiatan ini tidak hanya 

bernilai ibadah, tetapi juga mengandung aspek kepekaan sosial melalui pemberian bantuan kepada mustahik sehingga mereka dapat menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan dengan perasaan semangat dan gembira.

1. Maidaturrahman (MR)

Yaitu buka puasa bersama setiap hari bersama dhuafa selama bulan Ramadhan. Agenda ini diadakan oleh Tazakka selama 22 hari dalam bulan Ramadhan. Kegiatan ini setiap harinya akan dihadiri sekitar 200 sampai 250 orang. Disamping memberi buka puasa, LAZTAZ juga akan memberikan santunan kepada peserta setiap harinya selama program ini berlangsung.

Para peserta MR berasal dari berbagai daerah di sekitar PM Tazakka. Panitia juga menyiapkan transportasi untuk antar-jemput peserta MR.

Untuk kegiatan ini laztaz membutuhkan sekitar Rp. 50.000,000,-

2.  Silaturrahim Akbar dan Buka Bersama Kaum Muslimin

LAZTAZ juga akan menyelenggarakan acara Silaturahim Akbar dan Buka Puasa Bersama Kaum Muslimin. Acara yang diadakan di Masjid Az-Zaky ini diadakan setiap tahun dan biasanya dihadiri oleh kurang lebih 4.000 jamaah yang terdiri dari tamu undangan, masyarakat sekitar pesantren, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, dan lain sebagainya.

Tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk merekatkan tali ukhuwah Islamiyah dan syiar

Islam secara umum. Kegiatan ini telah berjalan sejak tahun 2009 lalu. Dana yang dibutuhkan untuk kegiatan ini sebesar Rp. 50,000,000,-

3. Bingkisan Hari Raya

Kegiatan ini merupakan apresiasi terhadap para da’i, guru mengaji, imam masjid, muadzin dan para mujahid Islam yang lain. Mereka adalah garda terdepan dalam dakwah membina umat. Bingkisan kepada mereka berupa uang tunai dan sembako.

Untuk kegiatan ini, laztaz membutuh­kan Rp. 50,000,000,-

4. Tali Asih Pantura

Seperti tahun-tahun sebelum­nya, Laztaz pada bulan Ramadhan selalu membagikan nasi kotak untuk buka puasa bagi para petugas yang bertugas mengamankan jalur mudik di jalur pantura, yaitu antara Batang-Gringsing (±45 km). Program ini dilaksanakan selama 4 hari menje-lang hari H lebaran. Setiap harinya Laztaz mendistribusikan 200 box nasi.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam program ini dapat langsung menghubungi petugas LAZTAZ di PM Tazakka.

Laztazsendiri akan menyalurkan dana untuk program ini sebesar Rp. 10,000,000,-

5. Tasharuf Zakat Ramadhan

Menjelang akhir ramadhan,
laztaz akan menyalurkan zakat dalam program Tasharuf Ramadhan. Program ini merupakan pemberian uang tunai kepada 8 asnaf secara menyeluruh. Jangkauan tasharuf tidak hanya daerah sekitar Bandar dan Batang melainkan beberapa daerah seperti Pekalongan, Yogyakarta, bahkan luar Jawa.
Program ini dianggarkan sebesar Rp.10,000,000,-

Semua program dan kegiatan yang dilakukan LAZTAZ tersebut masih jauh dari pemenuhan kebutuhan umat. Tetapi, mudah-mudahan memberikan solusi terhadap persoalan dan permasalahan yang dihadapi umat Islam dan bangsa Indonesia.

 

Maidaturrahman (MR)adalah kegiatan buka puasa bersama setiap hari bersama dhuafa selama bulan Ramadhan. Agenda ini diadakan oleh Tazakka selama 22 hari dalam bulan Ramadhan. Kegiatan ini setiap hari-nya akan dihadiri sekitar 200 sampai 250 orang

Konten Terkait

Aksi Tanggap Bencana

Program Tanggap Bencana ini adalah untuk meringankan korban akibat bencana alam yang terjadi di berbagai

Program Dai Sehat

Program ini didedikasikan untuk membantu pengo-batan bagi ulama, guru mengaji, imam masjid, dai, dan santri