Gus Mus Kunjungi PM Tazakka

Gus Mus Kunjungi PM Tazakka
 
TAZAKKA – Rais Am PBNU KH. A. Mustofa Bisri (Gus Mus) berkunjung ke Pondok Modern Tazakka (4/9), disambut oleh Wakil Pimpinan Pondok H.Anizar Masyhadi, Lc dan Direktur KMI M.Bisri, S.H.I, M.Si.
Dihadapan para santri dan asatidz PM Tazakka beliau berpesan bahwa pesantren itu mengajarkan kehidupan, pesantren itu memadukan Tarbiyah (pendidikan) dan Ta'lim (pengajaran). Kiai adalah sosok central, murobbi sekaligus mu'allim. 

Menurut Gus Mus, di pesantren, guru tidak hanya mengajar, tapi guru juga mendoakan santri dan santri mendoakan guru. "Inilah keunikan, sekaligus kekuatan pesantren", tegas beliau.
"Tujuan santri ke Pesantren itu bukan untuk nyari gawean/profesi tapi untuk menuntut ilmu, menghilangkan kebodahan walaupun hakekatnya kebodohan itu tidak bisa hilang karena semakin kita banyak belajar maka kita akan terus merasa bodoh, karena merasa bodoh maka akan terus belajar. Sesungguhnya orang yang berhenti belajar adalah sok pinter dan pada akhirnya akan merasa paling bener, maka terus belajar, jangan berhenti belajar!", pungkasnya.