Halaqah Ilmiah Tentang Syariah Islam

Halaqah Ilmiah Tentang Syariah Islam

TAZAKKA – Kunjungan Prof. Dr. Mustofa Dasuki Kasbah dari Mesir ke Pondok Modern Tazakka dimanfaatkan untuk menjadi narasumber dalam ‘Halaqah Ilmiyah’ pada Ahad, (23/11) di Aula Rabithah Pondok Modern Tazakka. Halaqah yang bertajuk: Imple­mentasi Maqasidus-Syariah dalam Kehidupan Modern: ini bertujuan memberikan wawasan kepada para guru, serta sebagai ajang diskusi ilmiah menggunakan bahasa Arab.

Dalam sambutannya, Pimpinan PM Tazakka menyam­pai­kan­ pesannya bahwa syariah Islam merupakan solusi atas permasa­lahan umat. “Ulama sekarang dituntut tidak saja memahami syariah dengan benar, tapi juga harus memahami konteks zaman,­ supaya nanti kalau menerapkan syariah bisa lebih arif danrahmatan­ lil alamin” jelasnya.

Kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Dasuki Kasbah yang menyampaikan materi tujuan syariah Islam dan implementasinya dalam kehidupan modern. “Bahwa landasan hukum dalam Islam adalah keadilan dan kasih sayang, jadi tidak ada hukum Islam yang tidak dilandaskan atas dua hal tersebut. Sehingga mene­rapkannya harus memperhatikan keduanya” terang Mustafa.