Bimbingan Ramadhan Santri Baru KMI

Bimbingan Ramadhan Santri Baru KMI

TAZAKKA – Setelah dinyatakan lulus dalam seleksi ujian masuk, seluruh santri baru Pondok Modern Tazakka mulai melaksa-nakan Program Bimbingan Ramadhan. Program ini dimulai semenjak hari Senin (8/6) tepat sehari setelah daftar ulang.

Kegiatan ini menitik beratkan pada tiga target utama yaitu; kemampuan bacaan Al-Quran, kemampuan menulis Arab (imla') dan praktek ibadah. Adapun beberapa aspek tambahan seperti bahasa dan disiplin kegiatan mulai dikenalkan sebagai bekal memasuki tahun ajaran baru nanti. Maka, sistem asrama mulai diterapkan, dan semua santri baru wajib mukim di pondok.

Maka, bagian KMI dan Staf Pengasuhan Santri sebagai penanggung jawab program membagi kegiatan ini dengan beberapa kegiatan seperti bimbingan baca Al-Quran, bimbingan praktek ibadah dan KBM di kelas. Untuk bimbingan baca Al-Quran dilaksanakan dengan sistem halaqoh bersama para guru, sedangkan KBM di kelas mengajarkan materi-materi dasar seperti Imla’, Bahasa Arab, Berhitung dan lainnya.

Adapun sebagai penutup, dilaksanakan placement test untuk penentuan kelas permanen dan juga mengukur kemampuan santri baru dalam bidang akademis khususnya berkaitan dengan materi yang menjadi dasar untuk mempelajari materi yang diajarkan di PM Tazakka.