Latihan Penanggulangan Kebakaran Tandai Perkemahan Kamis-Jumat

Latihan Penanggulangan Kebakaran Tandai Perkemahan Kamis-Jumat

TAZAKKA – Perkemahan Kamis Jumat (Perkajum) 2016 ini diawali dengan sesi pelatihan pemadaman kebakaran (7/4). Koordinator Gerakan Pramuka Pondok Modern Tazakka dalam hal ini bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Kabupaten Batang. Acara dilaksanakan di halaman Masjid Az-Zaky, Pondok Modern Tazakka.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang pencegahan kebakaran kepada santri, khususnya peserta kegiatan Perkajum ini. "Kita memasukkan beberapa kegiatan yang sifatnya pengetahuan, agar bisa menjadi skill dan bermanfaat di masyarakat kelak" terang Kak. Alam  Mahardika selaku Mabikori.

Dalam kegiatan ini, santri lebih dulu dikenalkan perlengkapan standar petugas pemadam kebakaran dan beberapa alat sederhana yang bisa digunakan untuk memadamkan api. Selanjutnya, mereka diberi contoh dalam proses pemadaman untuk selajutnya mempraktekkannya, termasuk dengan menggunakan pompa air dari mobil pemadam kebakaran.

Kegiatan seperti ini akan dijadikan kegiatan rutin tahunan. Termasuk beberapa materi bencana alam lain yang memungkinkan terjadi di masyarakat seperti evakuasi gempa, tanah longsor dan angin puting beliung. @ghifaria