Silaturahmi Kyai Muda Se-Jawa Tengah di Pondok Modern Tazakka

Silaturahmi Kyai Muda Se-Jawa Tengah di Pondok Modern Tazakka

TAZAKKA – Pesantren harus bisa menjawab tantangan zaman. Salah satunya, dengan kemandirian ekonomi. Hal itu disampaikan oleh ulama terkemuka Habib  Lutfi bin Yahya dari Pekalongan di hadapan 200-an kyai muda pengasuh pondok pesantren se-Jawa Tengah, di Pondok Modern Tazakka, Sedayu, Bandar, Batang, (Rabu/1/6/2016).  “Kita butuh kyai-kyai yang ekonom, kyai-kyai yang petani agar pesantren punya kemandirian,” tandas Habib Lutfi.

Habib Lutfi juga menekankan pentingnya persatuan dan sinergi antar pesantren dalam rangka membangun kemandirian umat. Karena itu, Habib Lutfi mengapresiasi acara silaturahmi yang digelar oleh  Forum Silaturahmi Kyai-kyai Muda Pengasuh Pondok Pesantren se-Jawa Tengah di Pondok Modern Tazakka yang diasuh oleh KH. Anang Rikza Masyhadi, MA tersebut. 

Apresiasi serupa datang dari ulama besar Syiria, Sheikh Dr Rajab Dieb dalam sambutannya yang dibacakan oleh Guru Besar Universitas Kuftaro Damaskus, DR Mahmud Syahathah. “Pesantren harus kuat dan terus bersinergi satu sama lainnya agar menjadi benteng peradaban Islam,” tuturnya.

Menurut Sheikh Rajab, berkumpulnya kyai-kyai muda pengasuh pesantren se-Jawa Tengah dalam sebuah forum silaturahmi tersebut merupakan sebuah langkah cerdas dan perlu didukung oleh seluruh elemen umat Islam Indonesia. “Kita butuh jiwa-jiwa kepemudaan yang cerdas, visioner dan penuh semangat untuk membina umat,” tegasnya.

Namun demikian, Sheikh Rajab mengingatkan agar para kyai-kyai muda tetap selalu membangun komunikasi dengan para ulama sepuh. “Kita juga butuh keteladanan dan hikmah orang-orang tua untuk menjadi acuan dan rujukan,” ungkapnya. Maka, kata dia, keteladanan orang tua dan semangat anak muda itu harus bertemu. “Betapapun, kita tidak bisa menafikkan keteladanan Habib Lutfi dan hikmahnya KH. Maemun Zubair,” pungkasnya.

Menurut Ketua Forum Silaturahmi Kyai-kyai Muda Pengasuh Pesantren se-Jawa Tengah, Gus H. Akomadhien Shofa, Lc, acara silaturahmi yang akan berlangsung dari 1 s/d 2 juni tersebut akan mendiskusikan sejumlah strategi yang perlu dilakukan oleh pesantren untuk menjawab tantangan zaman.  

Beberapa tokoh yang akan hadir sebagai narasumber adalah KH. Lukman Haris Dimyati (Pondok Pesantren Tremas, Pacitan Jawa Timur), Ketua PWNU Jawa Tengah, KH Abu Hapsin. MA., Ph.D, Ketua Umum Kospin Jasa, H. Andi Arsland Djunaid, GBN wilayah Jawa Tengah dan akan ditutup dengan ceramah ilmiah oleh KH. Dr. A. Hasyim Muzadi. Hadir pula dalam acara pembukaan Wakil Bupati Batang, Wakil Bupati Kendal, Kapolres dan Dandim Batang.@Henry