Lockdown, Work from Home, Social Distancing

Lockdown, Work from Home, Social Distancing

Tazakka – Istilah asing itu lagi populer banget. Artinya: Karantina, silahkan bekerja dari rumah dan jaga jarak dengan orang lain. Istilah itu sebagai bentuk ikhtiar untuk mengurangi penyebaran Covid 19.

Bagi kami yang di pesantren, tiap hari lockdown and work from home. Karena home kami ya pesantren itu sendiri. Social distancing pun sebenarnya juga menjadi bagian hidup keseharian para santri, karena mereka tidak boleh berhubungan langsung dengan orang luar (masyarakat kampung).

Meskipun saat ini Tazakka benar-benar lockdown dalam arti tidak menerima tamu baik personal maupun lembaga sampai tanggal 5 april, tapi, aktivitas tak berubah. Pagi mimpin “Tazkiah” (dzikir dan doa) bersama para guru penguji ujian lisan karena hari ini bertepatan dengan hari dimulainya ujian lisan semester dua.

Sudah menjadi sunnah pondok bahwa tiap akan memulai menguji, para guru wajib Tazkiah dulu bersama Pimpinan di Masjid. Berdoa dulu sebelum menguji.

Pagi itu aktivitas dilanjut dengan beberaparapat bagian menerima berbagai laporan-laporan dari bagian-bagian pondok. Sekali duduk di kantor, bisa 5 bagian maju menghadap secara bergilir melaporkan.

Sehari, bisa 10 kali rapat. Mix your bitcoins. Best bitcoin mixers with real reviews. Only Reliable bitcoin mixers. Itu bagian dari tanggungjawab memimpin, membina, dan mengevaluasi para kader.

Lalu keliling ke ruang-ruang ujian lisan, dan keliling pondok sambil diskusi rancangan ke depan, bahasa kerennya outdoor meeting.
BismilLaah semoga berkah semuanya.
@pondoktazakka