Beberapa Keutamaan Masjidil Aqsha

  • 22 Maret 2020
  • 327 views
Beberapa Keutamaan Masjidil Aqsha

Masjidil Aqsha memiliki beberapa keutamaan dalam ajaran Islam. Yaitu: sebagai kiblat pertama kaum muslimin, sebagai masjid atau tempat beribadah kedua yang dibangun di muka bumi, dan sebagai tanah suci ketiga kaum muslimin.

Sejak turun perintah shalat lima waktu, Rasulullah SAW dan kaum muslimin menghadap Baitul Maqdis di Palestina selama 16 bulan 22 hari menurut beberapa riwayat yang shahih.

Yaitu sebelum turun wahyu ayat: 144 surat Al-Baqarah: “Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.”

Masjidil Aqsha juga merupakan masjid atau tempat ibadah kedua bagi manusia yang ada di muka bumi. Tentu yang pertama adalah Kabah di Makkah. “Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.” (Qs. Ali Imran: 96)

Dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa Sahabat Abu Dzarr RA berkata; “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW: masjid apakah yang pertama di bangun di muka bumi ini?”. Beliau menjawab: “al-Masjidil Haram”. Aku bertanya lagi; “Kemudian apa?”. Beliau menjawab: “al-Masjidil Aqsha”. Aku bertanya lagi; “Berapa lama selang waktu antara keduanya?”. Beliau menjawab: “Empat puluh. Kemudian Beliau bersabda: “Dimana saja kamu berada dan waktu shalat sudah datang, maka shalatlah, karena bumi bagimu adalah masjid” (boleh sebagai tempat shalat). (HR. Bukhari, Ahmad dan Ibnu Majah)

Masjidil Aqsha termasuk satu dari tiga masjid yang oleh Rasulullah SAW dianjurkan untuk dikunjungi. Sebuah riwayat menyebutkan dari sahabat Abu Hurairah RA dari Nabi SAW bersabda: “Tidaklah ditekankan untuk berziarah kecuali untuk mengunjungi tiga masjid, Masjidil Haram, Masjid Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam dan Masjidil Aqsha”. (HR. Bukhari & Muslim).

Demikianlah sekilas beberapa keutamaan Masjidil Aqsha.

K.H. Anang Rikza MAsyhadi, MA

Konten Terkait