UNIDA Gontor Host Webinar Internasional MIDAD IMLA Indonesia

UNIDA Gontor Host Webinar Internasional MIDAD IMLA Indonesia

Gontor (11/8) – UNIDA Gontor menjadi fasilitator (host) dalam webinar internasional MIDAD IMLA Indonesia – suatu lembaga penyusunan korpus bhs Arab di Indonesia yg dikelola Persatuan Guru Bhs Arab se-Indonesia (IMLA) bertajuk “Peran Korpus Arab dalam Pengembangan Penelitian dan Pembelajaran Bahasa Arab” pagi pukul 9-10.30 tadi.

Webinar diikuti lebih dari 100 peserta baik lewat Zoom maupun Youtube. Pemateri utama yg memberikan webinar adalah Assoc. Prof. Haslina Binti Hassan (IIUM Malaysia) dan Dr. Nur Hizbullah, M.Hum. (Univ. Al-Azhar Indonesia).

Dalam webinar tersebut Assoc. Prof. Haslina Binti Hassan mengintrodusir Linguistik Korpus Bahasa Arab, manfaat linguistik korpus bhs Arab bagi pembelajaran bhs Arab untuk orang asing (Arabic for Foreigners), serta bagaimana mengaplikasikan linguistik korpus bhs Arab utk tujuan pembelajaran bhs Arab.

“Dengan mengintegrasikan korpus bhs Arab ke dalam pembelajaran di kelas, para siswa jadi lebih aktif. Mereka menemukan sendiri aturan aturan Nahwu dan Shorof secara induktif dengan bantuan korpus bhs Arab, seperti layaknya seorang detektif. Aturan aturan Nahwu dan Shorof mudah mereka pahami karena didukung bukti ilmiah dari korpus,” papar Prof. Haslina.

Dalam kesempatan itu pula pembicara lainnya Dr. Nur Hizbullah dari UAI Jakarta menerangkan bahwa linguistik korpus bhs Arab memiliki peran besar dlm pengembangan penelitian dan pembelajaran bhs Arab di Indonesia.
“Sumber korpus bhs Arab di negeri kita sungguh berlimpah, tinggal kita sebagai peneliti dan pengajar bhs Arab aktif mengumpulkan dan memanfaatkan data komputatifnya atau tidak. Berjuta juta sumber korpus seperti lautan data untuk diolah dalam bermilyar milyar penelitian linguistik,” ungkap Dr. Nur Hizbullah optimistik.

Dr. Yoke Suryadarma, ketua panitia webinar dari UNIDA Gontor, mengungkapkan kebahagiaannya. “Kami dari UNIDA Gontor merasa terhormat karena terpilih sebagai host webinar MIDAD IMLA Indonesia. UNIDA Gontor sebagai anggota MIDAD IMLA bersama sama dengan anggota lainnya dari UIN Syahid Jakarta, UM Malang, UMY Yogya, UNS Surakarta, PM Tazakka Batang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UAI Jakarta berkomitmen utk berkontribusi penuh dlm setiap acara IMLA Indonesia, khususnya MIDAD IMLA. Ke depan, UNIDA Gontor menindaklanjuti webinar ini dgn pendirian Pusat Riset Korpus Bhs Arab di Indonesia di bawah naungan Pusat Bahasa UNIDA Gontor,” ungkapnya bersemangat.

Webinar ini secara antusias diikuti ustadz ustadz guru bhs Arab PM Tazakka.
@mediacentertazakka