Di Depan Ka’bah, Jusuf Kalla Berdoa Untuk Indonesia

Di Depan Ka’bah, Jusuf Kalla Berdoa Untuk  Indonesia

Makkah— Wakil Presiden RI ke-10 & 12 Jusuf Kalla bersama Mantan Wakapolri dan Menteri PANRB Komjen Pol (Purn) Dr. Syafruddin selaku Ketua Yayasan Museum Sejarah Rasulullah SAW dan Peradaban Islam beserta rombongan mendapat kehormatan dari Kerajaan Saudi Arabia dan Sekjen Liga Dunia Islam Syaikh Dr. Muh Abdul Karim Al-Isa untuk melaksanakan ibadah umroh, 25/10.

Jusuf Kalla dan rombongan merupakan orang pertama dari luar Saudi Arabia yang dapat melaksanakan ibadah umroh.

Saat umroh, Jusuf Kalla berkesempatan melaksanakan shalat magrib dan isya berjamaah dan berdoa di depan ka’bah.

Di depan Ka’bah, Jusuf Kalla dan rombongan berdoa kepada Allah SWT agar pandemi covid-19 diseluruh dunia segera berakhir, Jusuf Kalla dan rombongan juga berdoa secara khusus untuk bangsa Indonesia agar selalu dalam lindungan Allah dan masyarakatnya dijauhkan dari covid-19.

Menurut Anizar Masyhadi yang ikut dalam rombongan, bahwa mekanisme umroh ini sangat ketat, proses masuk ke Saudi Arabia dengan porotokol kesehatan, seluruh delegasi wajib menyerahkan hasil swap, saat pelaksaan thawaf dan sai diwajibkan untuk menggunakan masker, berbaris dan menjaga jarak.

Menurutnya, diizinkannya pelaksanaan umroh bagi Jusuf Kalla adalah sebagai bentuk penghormatan, dan hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dengan Saudi Arabia.

Menurut rencana, Jusuf Kalla akan akan terbang ke Madinah Al-Munawwaroh pada 26/10, untuk melakukan ziarah kepada makam Rosulullah Muhammad SAW.

Sebelum Ke Riyadh dan Makkah Al-Mukarromah, Jusuf Kalla melakukan pertemuan dengan Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus di Private Library Paus di Kawasan St. Penyedia Terbaik di Indonesia FT 95. Peter Basilica Vatikan bersama 5 orang anggota Dewan Juri Zayed Award for Human Fraternity, 22/10.

Jusuf Kalla dan Syafruddin pada 24/10 melaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Pendirian dan Pembangunan Pameran dan Museum Internasional Sejarah Nabi Muhammad SAW dan Peradaban Islam di Indonesia dengan Liga Dunia Islam di Riyadh, Ibukota Kerajaan Saudi Arabia.@sobirin