Uji Kompetensi Dasar Santri, Tazakka Adakan TOEFL dan TOAFL

  • 27 Maret 2021
  • 182 views
Uji Kompetensi Dasar Santri, Tazakka Adakan TOEFL dan TOAFL

Tazakka – Sebanyak 75 santri Kelas Akhir KMI diuji kompetensi dasar berbahasa Arab dan Inggris dengan ujian TOEFL ( Test of English as a Foreign Language ) dan TOAFL ( Test of Arabic as a Foreign Language ) Jumat lalu tanggal 19 dan 26 Maret 2021.

Dua ujian berstandarisasi tersebut dilaksanakan dalam rangka menguji kompetensi dasar ( basic competence ) santri Tazakka. Kiai Anang Rikza Masyhadi, pengasuh dan pimpinan PM Tazakka, menegaskan bahwa santri Tazakka harus menguasai 4 kompetensi dasar, yaitu kompetensi berbahasa Arab dan Inggris ( language competence ), kompetensi membaca Quran ( Quran competence ), kompetensi kepemimpinan ( leadership competence ), dan kompetensi menulis dan mempresentasikan karya ilmiah ( intellectual competence ). Untuk mengetahui penguasaan santri terhadap empat kompetensi dasar itu, Tazakka menyelenggarakan empat ujian, salah satu di antaranya adalah TOEFL dan TOAFL ini.

Kiai M. Bisri, pimpinan sekaligus Direktur KMI PM Tazakka, menjelaskan bahwa empat kompetensi dasar ini wajib dikuasai santri, khususnya santri Tazakka.
“Empat kompetensi dasar ini penting sekali dikuasai, terutama bagi calon pemimpin umat masa depan dimana tantangan dan problematika umat begitu kompleks dan membutuhkan solusi cepat dan cerdas dari santri santri yang kompeten,” ungkap beliau.

Santri yang hasil ujiannya belum standar, akan diuji ulang hingga hasilnya standar karena merupakan syarat kelulusan KMI.
“Kami tetapkan 425 sebagai nilai minimal TOEFL dan TOAFL bagi santri. Santri yang lulus pada setiap ujian kompetensi dasar yang empat akan diberi empat sertifikat tanda lulus. Kalau kurang salah satu, maka santri wajib mengulang hingga lulus. Santri yang belum standar akan terus dibimbing oleh ustadz ustadz pembimbing sampai hasilnya standar,” jelas Ustadz Hakim Al-Shidqi, Wakil Direktur KMI.

Empat kompetensi dasar ( the four basic competences ) yang dicanangkan PM Tazakka dalam rangka mencetak santri pemimpin masa depan yang mampu berbahasa Arab dan Inggris, mampu membaca Quran dengan Tajwid dan pantas menjadi imam shalat, mampu memimpin umat dan piawai mengkomunikasikan ide ide kreatifnya kepada ummat.

www.tazakka.or.id

Konten Terkait