Santri Kelas Akhir PM Tazakka Rihlah Online ke UNIDA GONTOR Jawa Timur

  • 15 April 2021
  • 66 views
Santri Kelas Akhir PM Tazakka Rihlah Online ke UNIDA GONTOR Jawa Timur

Tazakka (15/4) – Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Kerjasama, dan Alumni UNIDA GONTOR, Dr. Khoirul Umam, M.Ec. berkenan menjadi host dalam Rihlah Iqtishadiyah santri akhir KMI Pondok Modern Tazakka Batang Jawa Tengah Kamis pagi ini.

Rihlah Iqtishadiyah (Ecopreneurship Tour) yang sejatinya dilaksanakan oleh santri Kelas 6 KMI secara luring (tatap-muka), karena kondisi pandemik, dilaksanakan secara daring (online).

Dalam kesempatan itu, Dr. Khoirul Umam, M.Ec. menjelaskan sejarah pendirian UNIDA, aneka fakultas dan beragam jurusan yang dapat dipelajari di UNIDA, dan ciri khas yang menjadi distingsi unik UNIDA yg berbeda dari universitas universitas lainnya.


“UNIDA concern sekali dengan Islamisasi ilmu pengetahuan, karena ilmu pengetahuan kontemporer (modern sciences) tidak netral dan bebas-nilai, harus terus diislamisasi dan UNIDA berperan aktif mengislamisasi ilmu ilmu kontemporer,” papar Ustadz Khoirul Umam.

UNIDA Gontor Jawa Timur, jelas beliau, adalah penerusan organik dari pesantren KMI. Santri KMI yang bermanhaj Mu’allimin seperti Gontor di seluruh Indonesia layaknya meneruskan studinya ke UNIDA karena UNIDA adalah universitas pesantren yang merupakan perluasan kurikulum yang telah ada di KMI. Mahasiswa mahasiswi UNIDA berbicara dwibahasa (Arabic & English) seperti santri di KMI, berdisiplin tinggi seperti di KMI, pembinaan akhlakiah seperti di KMI dan hidup di asrama seperti di KMI.

Rihlah yang dipandu Wakil Rektor III UNIDA Dr. Khoirul Umam ini membuat banyak santri KMI Tazakka tertarik dan ingin meneruskan studi di UNIDA. Semoga Allah terus membuat UNIDA makin jaya dan keren, menjadi kebanggaan nasional dan internasional, menjadi pancur air kebijaksanaan (fountain of knowledge), dan menjadi Ka’batul-qusshad (destinasi favorit) mahasiswa mahasiswi Muslim zaman milenial.@arm