Ketua Senat Universitas Darussalam Kunjungi Tazakka

Ketua Senat Universitas Darussalam Kunjungi Tazakka

TAZAKKA – Ketua Senat Universitas Darussalam Gontor, Ayahanda Dr. KH. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi, M.A berkunjung ke Tazakka bersama keluarga, Sabtu (2/10).

Kunjungan beliau diterima dengan hangat oleh Pimpinan Pondok, Ketua Yayasan H. Anta Masyhadi, dan Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Tazakka H. Teguh Suhardi serta para Ketua Lembaga dan Kepala Departemen di Tazakka.

Dalam kesempatan itu, KH. Ahmad Hidayatullah didaulat untuk memberikan pesan dan nasehat kepada seluruh santri di Masjid Az-Zaky usai shalat Dzuhur berjamaah.

Malam harinya, beliau kembali didaulat untuk memberikan ceramah kepondokmodernan di hadapan seluruh guru.

Menurut beliau, salah satu konsep pendidikan yang diterapkan di Gontor dan juga di pondok-pondok alumninya adalah pendidikan ketokohan.

Ketokohan dipandang penting dalam mendukung misi dakwahnya di masyarakat.

“Di pondok sejak kelas satu anak-anak dididik ketokohan baik secara langsung maupun tidak langsung, dan memang akhirnya para alumni itu ketika di masyarakat bisa menjadi tokoh dalam perannya masing-masing” ujar Beliau.

Di hadapan para guru Tazakka, Kiai Hidayatullah banyak mengurai konseptualisasi nilai-nilai pendidikan yang ada di Pondok Modern Gontor, baik dalam pendekatan filosofis maupun hikmatis.

Pimpinan Pondok KH. Anang Rikza Masyhadi mengungkapkan bahwa kunjungan Dr. KH. Ahmad Hidayatullah Zarkasyi ke Pondok Modern Tazakka dimaknai sebagai kunjungan orang tua kepada anaknya; atau kunjungan guru kepada muridnya. Karenanya, Pimpinan Pondok dan guru-guru lebih banyak mendengarkan pesan dan nasehat dari Beliau.

“Banyaknya tokoh-tokoh yang berkunjung ke pondok, itu juga bagian dari mendidik ketokohan, karena para santri punya banyak informasi dan wawasan peran ketokohan dari para tokoh itu” ungkap Kiai Anang.

Dalam kesempatan kunjungan itu pula, salah seorang putra Trimurti Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor KH. Imam Zarkasyi itu menyempatkan diri melihat perkantoran dan sistem lazis dan perwakafan di Pondok Modern Tazakka.

Menurutnya, pesantren yang sistem perwakafannya baik dan kuat, maka akan lebih bertahan di masa depan.

Kunjungan doktor alumni Punjab University itu pun digunakan untuk beramah tamah dengan para guru dan keluarganya yang dilaksanakan di villa Agro Wisata Pagilaran. @aliakbar