TAZAKKA HADIRKAN QARI INTERNASIONAL

TAZAKKA HADIRKAN QARI INTERNASIONAL

Pondok Modern Tazakka kembali menghadirkan Qari Internasional, Kamis (7/10). Kali ini adalah Ustadz H. Mustofa Tuwuh.

Qari yang pernah mengikuti berbagai even tilawah internasional baik di Makkah maupun Turki ini didaulat oleh Pimpinan Pondok KH. Anizar Masyhadi untuk melantunkan qiraah mujawwadah di hadapan seluruh santri Pondok Modern Tazakka. Sore hari menjelang waktu Maghrib, selama kurang lebih 30 menit lantunan Al-Quran dengan suara merdunya, menyedot perhatian dan antusiasme santri untuk menyimaknya dengan penuh khidmat.

Menurut Bapak Pengasuh Pondok, Ayahanda KH. Anang Rikza Masyhadi bahwa tradisi mendengarkan bacaan Al-Quran dengan suara merdu telah dimulai sejak zaman Rasulullah dan para sahabat.

Rasulullah sering menyuruh para sahabat yang memiliki suara merdu, misalnya seperti Abdullah bin Mas’ud yang bersuara merdu, untuk melantunkan tilawah Al-Quran di hadapannya.

Dalam beberapa riwayat Hadis disebutkan, mulanya para sahabat agak segan, menurut mereka: “Wahai Rasul, bagaimana kami akan membacakannya untukmu, sementara Al-Quran ini diturunkan kepadamu?” “Bacakanlah untukku, karena aku juga senang mendengarkannya dari orang lain” perintah Rasul.

Malam harinya, setelah Shalat Isya, para santri yang tergabung dalam keanggotaan Jamiyyatul Qura wal Hufadz Pondok Modern Tazakka beserta kelas V dan VI mendapatkan sesi tambahan dengan Ustadz H. Mustofa Tuwuh.

Dalam sesi ini, beberapa santri diminta untuk melantunkan Al-Quran dengan qiraat mujawwadah sebagaimana yang telah mereka pelajari dan latihan selama ini, dan kemudian dibahas dan dievaluasi bersama.

Dalam kesempatan itu pula, Ustadz Mustofa juga menerangkan tentang berbagai langgam qiraat mujawwadah dengan berbagai contohnya. Beberapa santri diminta untuk mempraktekkannya.

Tak terasa, sesi yang mengambil waktu sekitar 2,5 jam itu pun masih terasa kurang. InsyaAllah, Departemen Pengasuhan Santri telah mengagendakan untuk secara berkala menghadirkan qari-qari internasional untuk melatih para santri.

Semoga dari Pondok Modern Tazakka ini akan lahir qari-qari internasional di masa yang akan datang. Amien ya Rabbal alamien.