SISWA KELAS 6 JALANI UJIAN TULIS AKHIR

SISWA KELAS 6 JALANI UJIAN TULIS AKHIR

Setelah berjibaku dengan ujian lisan selama sepekan, Kelas 6 KMI Pondok Modern Tazakka pada Rabu (9/2) memulai Ujian Tulis Akhir yang akan berlangsung sampai akhir bulan nanti.

Ujian tulis kali ini merupakan ujian gelombang kedua, dimana gelombang pertama telah dilaksanakan saat liburan semester pertama lalu. Untuk gelombang kedua kali ini akan diujikan 29 materi pelajaran yang diajarkan dari kelas 1 sampai kelas 6.

Ujian yang dilaksanakan di serambi Masjid Az-Zaky lantai 2, melibatkan kurang lebih 40 guru pengawas yang dijadwal secara bergantian. Ujian diawali dengan Tazkiyah, berzikir, bersholawat dan berdoa bersama seluruh peserta, pengawas juga Bapak Pimpinan.

Dalam sambutannya, Pimpinan Pondok Modern Tazakka, KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. berpesan agar kelas 6 memperkuat kesungguhan, memperbanyak dzikir dan doa serta mengikuti ujian ini dengan istiqomah agar mendapatkan taufik dari Allah.

“Kalian harus total, sungguh-sungguh belajarnya, ikhtiar maksimal. Berdoa memohon kemudahan dan kebaikan, artinya supaya kalian semua dibimbing oleh Allah dalam belajar, memahami dan menguasai pelajaran. Jika ternyata apa yang kita pelajari itu sesuai dengan apa jang ditanyakan dalam ujian, artinya Allah memberi kita taufik”, ungkapnya.

Adapun Kiai M. Bisri, S.H.I., M.Si. selaku Direktur KMI memberikan arahan kepada semua kelas 6 agar pandai-pandai membagi waktu. “Kalian akan diuji dengan 29 materi, bukunya berjibun bertumpuk, diujikan dalam rentang waktu yang lama. Maka, gunakan waktu sebaik mungkin, bagi waktunya dengan baik, fokus, istiqomah dan tidak usah berfikir untuk melanggar disiplin yang hanya akan merugikan diri kalian sendiri”, pesan beliau.

Sebanyak 29 materi tersebut disajikan dalam model soal berbasis High Order Thinking Skill atau HOTS, yaitu soal yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mengingat, memahami dan menerapkan, tapi lebih memperbanyak aspek analisis, mengevaluasi dan kreasi.