TAZAKKA ADAKAN FESTIVAL AL-QUR’AN DAN SUNNAH TAHUN 2022

TAZAKKA ADAKAN FESTIVAL AL-QUR’AN DAN SUNNAH TAHUN 2022

TAZAKKA – Pondok Modern Tazakka adakan Festival Al-Qur’an dan Sunnah 2022 yang berlangsung selama tiga hari di area Pondok Modern Tazakka terhitung sejak Jumat pagi (25/02).

Festival Al-Quran dan Sunnah merupakan sunnah Pondok Modern Tazakka yang harus dilaksanakan setiap tahunnya.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Pengasuh Pondok Mdern Tazakka KH. Oyong Sufyan, Lc., MA., Ph.D., Wakil Direktur KMI H. Hakim As-Shidqi, M.Pd.I., serta seluruh santri dan guru Pondok Modern Tazakka.

Festival diawali dengan pembukaan oleh Wakil Pengasuh Pondok Modern Tazakka, KH. Oyong Shufyan, Lc., MA. Ph.D.

Acara dilanjutkan dengan Show qiraah Jama’i dari beberapa santri qurra dan huffadz yang membawakan beberapa surat dan ayat dengan ragam qiraat sab’ah. Mereka yang tampil ini tergabung dalam kelompok Jamiyyatul Qurra wal Huffadz (JQH) Tazakka, yaitu kelompok ekstrakurikuler yang bergerak di bidang qiraat dan tahfidz.

Dalam sambutan pembukaan Festival Al-Quran dan Sunnah 2022, Kiai Oyong menyampaikan bahwa Acara Festival Al-Quran dan Sunnah merupakan acara yang sangat penting karena didalam festival ini para santri akan mengetahui Al-Quran sebagai petunjuk kita secara utuh dan Sunnah sebagai pedoman kehidupan secara utuh.

“Kegiatan Festival Al-Quran dan Sunnah merupakan kegiatan yang luar biasa. Sangat istimewa. Tidak banyak anak seusia kalian yang mendapatkan pengetahuan seperti ini. Pengetahuan untuk mengasah intelektual para santri” ujar kiai Oyong.

“Tazakka setiap tahun mengadakan beberapa Festival seperti Festival Al-Qur’an, Festival Sains, Festival Siroh Nabawiyah dan As-Sunnah. Festival-festival seperti ini untuk mendidik, menambah wawasan, pengetahuan dan perspektif tentang Al-Qur’an secara lengkap” tambah kiai Oyong.

Festival diselenggarakan dibawah supervisi langsung oleh Majelis Guru KMI Tazakka yang terdiri dari para guru senior. Sebagai operator lapangannya adalah Pengasuhan Santri.

Festival Al-Quran kali ini, menurut Ustadz Alam Mahardika, M.H. selaku supervisor, menyajikan tidak kurang dari 60an poster dan infografis tentang Al-Quran. Selain itu, Festival Al-Quran dan Sunnah 2022 didukung dengan kegiatan penunjang lain seperti berbagai lomba, berbagai show, pameran Al-Quran dan sunnah, stand penjualan kaligrafi maupun galeri foto, dan praktek manasik haji bagi santri Pondok Modern Tazakka.

Selain festival ada berbagai lomba yang digelar antara lain: lomba hafala Al-Quran, lomba kaligrafi Al-Quran, lomba penulis opini Al-Quran dan Sunnah, lomba resensi Kitab Tafsir, lomba Tahfidz antar kelas, lomba demo Tahfidz, lomba adzan Masjidil Haram antar kamar, lomba tilawah antar kamar, lomba update status Al-Quran dan Sunnah, lomba tiktok Al -Quran dan Sunnah dan lomba kultum Al-Quran dan Sunnah.

“Intinya, semua yang dipamerkan dan dilombakan dalam festival ini adalah penjabaran dari lima aspek Al-Quran yang sering disampaikan oleh Pak Kiai Anang, yaitu aspek tulisan (kitabatan), bacaan (qiraatan), hafalan (hifdzan), pemahaman (fahman), dan pengamalan (khuluqan)” cetus Ustadz Haryoto S.H.I., selaku ketua panitia Festival Al-Quran dan Sunnah 2022.

Aspek bacaan, misalnya, melalui kegiatan: kursus intensif qiraat mujawwadah, lomba qiraat, lomba
adzan langgam Haramain all, lomba tartil, dan juga demo qiraat menirukan bacaan qiraat para imam
dunia, dan lain sebagainya. Aspek hafalan diantaranya lomba tahfidz mulai kategori 5 juz, 10, 15, 20, 25 hingga 30 juz. Termasuk lomba hafalan Hadis-hadis Nabi SAW. Aspek tulisan berupa kursus kaligrafi, demo kaligrafi, lomba kaligrafi, lomba majalah dinding
antar asrama, lomba menulis resensi Al-Quran dan Sunnah, lomba update status ttg Al-Quran
dan Sunnah, dsb.

Kedepannya, acara Festival Al-Quran dan Sunnah juga akan dilangsungkan setiap tahun dengan lebih meriah, dan berbagai inovasi-inovasi baru lainnya.

Acara ditutup dengan khataman oleh santri Pondok Modern Tazakka, pengumuman juara lomba, dan pembagian hadiah. @Ali