Direktur Pendidikan Diniyah dan Pesantren Kementrian Agama Kunjungi Tazakka

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pesantren Kementrian Agama Kunjungi Tazakka

TAZAKKA – Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI Dr. H. Waryono Abdul Ghofur, M. Ag. bersilaturahim ke Pondok Modern Tazakka pada Ahad Pagi (13/3). Hadir mendampinginya Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kemenag Kabupaten Batang, H. Sugiedi, S.H.

Kunjungan Bapak Waryono diterima dengan hangat oleh Pimpinan Pondok beserta jajarannya.
Dalam ramah tamah di ruang lobi Pimpinan Pondok, Pimpinan Pondok KH. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D menyatakan bergembira mendapat kunjungan Bapak Waryono.

Para hadirin di ruangan itu membahas dan mendiskusikan seputar dinamika dan perkembangan pesantren secara umum, baik secara kelembagaan, sistem dan menejemen, jaminan mutu, pendanaan dan proyeksi pesantren di masa depan menghadapi tantangan zaman.

Demikian, Bapak Waryono pun menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pondok Modern Tazakka yang dinilainya tidak saja berpikir untuk pengembangan diri sendiri, namun ikut mendorong dan membina pengembangan pesantren-pesantren lainnya.

Dr. Waryono kemudian diajak berkeliling pondok. Kiai Anang menunjukkan sistem transaksi non-tunai atau cashless yang dirancang dan dibuat secara mandiri oleh pondok.

Kemudian, beliau diajak melihat kantor Lazis dan Wakaf Tazakka. Di sana, kiai Anang menjelaskan konsep pengembangan lazis dan wakaf sebagai salah satu instrumen pendanaan pesantren dan strategi fundraising yang dilakukan oleh tim Tazakka selama ini.

Pada kesempatan itu juga, Kiai Anang menjelaskan tentang struktur Pondok Modern Tazakka dan Departemen-departemen yang ada di dalamnya dengan tugas, fungsi dan perannya masing-masing. Selain itu, Dr. Waryono juga diajak berkeliling ke beberapa tempat diantaranya ke Kantor Media Center Pondok Modern Tazakka.

“Saya melihat bahwa Tazakka bisa menjadi laboratorium pengelolaan pesantren bagi pesantren lainnya, terkait kelembagaan, menejemen pengelolaan, strategi pengembangan SDM-nya, sistem transaksi non-tunai atau cashless dan digitalisasi sistem informasi akademiknya” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula, Dr. Waryono didaulat untuk memberikan beberapa pesan dan nasehat kepada seluruh santri di Masjid Az-Zaky sebelum shalat Dhuhur berjamaah.

Senada, Dr. Waryono pun menyampaikan bahwa para santri harus bersyukur mendapatkan pendidikan yang baik di Tazakka ini dan harus dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

Sambutan beliau ditutup dengan pemberian beberapa motivasi kepada para santri dan doa dari Pimpinan Pondok KH. Anang Rikza Masyhadi, MA. Ph.D. @Aliakbar