Ramadhan Penuh Keberkahan

Ramadhan Penuh Keberkahan

Yayasan Tazakka adalah lembaga yang berada di Batang Jawa Tengah berdiri di atas dan untuk semua golongan dengan bidang garapan: Pendidikan, Dakwah dan Sosial Kemasyarakatan.


Yayasan Tazakka menjadi perekat umat. Dalam bidang pendidikan mendirikan Pondok Modern Tazakka, lembaga pendidikan berbasis pesantren yang didirikan dengan pola wakaf.


Bidang garapan Yayasan Tazakka lainnya adalah mendirikan lem­baga zakat, infak dan shodaqoh serta wakaf. LAZIS TAZAKKA terdaftar pada SK Operasional dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional Perwakilan Tingkat Kabupaten dengan nomor SK nomor 1256 tahun 2018.


Sedangkan WAKAF TAZAKKA dikukuhkan sebagai salah satu Nazhir Wakaf Uang oleh Badan Wakaf Indonesia (BWI) Pusat dengan nomor register: 3.3.00188 tahun 2018.

Pada setiap tahun khususnya bulan Ramadhan, Lazis Tazakka mengadakan beberapa program, antara lain:

  1. Maidaturrahman: Hidangan Berbuka Puasa
  2. Bantuan Sembako Fakir Miskin
  3. Tali Asih Fisabilillah
  4. Santunan Anak Yatim
  5. Tasharuf Zakat Mal untuk 8 Asnaf
  6. Tasharuf Zakat Fitrah untuk Fakir Miskin
  7. Tasharuf untuk Orang Berkebutuhan Khusus
  8. Gerakan Orang Tua Asuh Beasiswa Kader Umat

Rasulullah Muhammad SAW bersabda:

مَنْ فَطَّرَ صَائِماً كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْءٌ. (رَوَاهُ التِّرمِذِيُّ)

“Barangsiapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang melakukan puasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun” (HR. Tirmidzi)

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، وَاللهُ فِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِيْ عَوْنِ أَخِيْهِ. (رواه مسلم)

“Barangsiapa melepaskan orang mukmin dari kesulitan-kesulitan di dunia, maka Allah akan melepaskan darinya dari kesulitan-kesulitan pada hari kiamat. Dan barangsiapa memudahkan kesulitan orang lain, maka Allah akan memudahkan (urusannya) di dunia dan akhirat. Dan barangsiapa menutupi aib saudaranya, maka Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat, Allah akan menolong hambanya selama hamba tersebut menolong saudaranya.” (HR. Muslim).

أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ عَنْ ابْنِ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُتْبَةَ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عَبَّاسٍ كَانَ يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام أَجْوَدَ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

“Rasulullah ﷺ adalah manusia yang paling dermawan dan beliau akan tampak lebih dermawan pada bulan Ramadan; ketika Jibril menemuinya. Jibril menemuinya setiap malam pada bulan Ramadan dan mengajarkan Al-Qur’an.” Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah ﷺ ketika ditemui Jibril -’alaihissalam- lebih dermawan dalam hal kebaikan daripada angin yang berhembus.” (HR. Nasa’i: 2068)

Selengkapnya dapat diunduh di bawah ini