Apel Pembukaan Semester II Tahun Ajaran 2022/2023

Apel Pembukaan Semester II Tahun Ajaran 2022/2023

Pondok Modern Tazakka mengadakan Apel Pembukaan Semester Kedua pada Selasa, 29 November 2022. Apel dihadiri oleh Bapak-bapak Pimpinan Pondok, guru-guru KMI, dan seluruh santri yang bertempat di halaman Gedung Rabithah.

Dalam sambutannya, Bapak Pimpinan dan Pengasuh Pondok Modern Tazakka, K.H. Anang Rikza Masyhadi, M.A., Ph.D. selaku pembina apel menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh santri yang telah datang kembali ke pondok tepat pada waktunya.

Beliau juga menyampaikan perihal pentingnya kedisiplinan sebagai kunci dari kehidupan seorang santri. Karena dalam Islam disiplin adalah sebuah keniscayaan.

“Sebagai muslim, kita selalu hidup dalam disiplin. Mulai dari bangun tidur kita sudah diajarkan tentang disiplin yang diatur dengan adanya shalat Subuh. Artinya Islam dan syariat di dalamnya diajarkan untuk membuat manusia berdisiplin” ujar Beliau.

Kiai Anang menyebutkan bahwa disiplin inilah yang membedakan umat Islam dengan umat lain. Disiplin dalam berpikir, bertutur, dan berperilaku. Dalam bermu’amalah misalnya, saat bertemu dengan sesama muslim hendaknya mengucapkan salam. Ketika makan hendaknya menggunakan tangan kanan serta diawali dan diakhiri dengan doa. Semua itu adalah bagian dari syariat yang mengatur kehidupan kita.

Tak lupa beliau juga menyampaikan bahwa saat ini adalah waktunya bagi seluruh santri untuk mengevaluasi hasil belajar dan ujian semester 1. Untuk kemudian, hasil dari evaluasi tersebut dapat menjadi acuan mereka dalam belajar dan melakukan perbaikan di semester kedua ini.

“Evaluasi, lalu lakukan perbaikan. Everyday We make change, we make it the best we can! In ahsantum ahsantum li anfusikum, wa in asa’tum falahaa,” tambah Beliau.

Upacara pun ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin langsung oleh Bapak Pimpinan Pondok Modern Tazakka. Dengan harapan, semester kedua ini dapat berjalan dengan lancar serta disertai keridhaan Allah SWT.

Selepas sambutan Bapak Pimpinan, panitia ujian mengumumkan dan memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada santri-santri berprestasi yang telah meraih nilai tertinggi dalam ujian semester pertama. Ketiga santri yang berhasil mendapatkan rata-rata tertinggi di dalam pondok juga diberikan piala. Mereka secara berurutan ialah Muhammad Rizki Rafiudin kelas 1 Intensif B, Abi Lanang Suryo kelas 1 Intensif B, dan Arfa Fairuz Hamzah kelas 3B.

Santri-santri lain yang berhasil menjadi peringkat 3 besar setiap kelas turut mendapatkan hadiah berupa voucher belanja di Tazko dari Lazis Tazakka.

Apel kemudian ditutup dengan pengabsenan kehadiran bersama walikelas masing-masing sambil memberikan motivasi. Adapun para Asatidz selanjutnya mengikuti perkumpulan bersama Pimpinan guna pembagian tugas dan jadwal mengajar.