TPQ AL-ASYRAF ADAKAN HAFLAH KHOTMIL QURAN

TPQ AL-ASYRAF ADAKAN HAFLAH KHOTMIL QURAN

Tazakka — TPQ Al-Asyraf mengadakan Haflah Khotmil Quran dan Wisuda Angkatan Ke-IV, Ahad (19/3) di halaman gedung Al-Asyraf. Acara dihadiri oleh seluruh santri TPQ dan para walinya.

Hadir dalam acara pagi itu Ketua Yayasan Tazakka, H. Anta Masyhadi, Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Tazakka, H. Teguh Suhardi, Pimpinan PM Tazakka, K.H. M. Bisri, S.H.I., M.Si., Wakil Pengasuh PM Tazakka, K.H. Oyong Syufyan, Lc., M.A., Ph.D. serta Pembina TPQ Al-Asyraf, dr. Hj. Maftuhah Nurbeti, MPH.

Ustadzah Windi Ayu Lestari, Lc. selaku Kepala TPQ menyampaikan bahwa dalam gelaran wisuda kali ini ada 12 santri TPQ yang diwisuda. “Total ada 12 santri yang kita wisuda pagi ini, 10 berasal dari kelas reguler ditambah 2 santri dari kelas intensif” jelasnya.

Sebelum diwisuda, mereka pun mengikuti serangkaian ujian, baik lisan maupun praktik. “Materi yang diujikan adalah ujian praktik, lisan dan tulis dari semua materi pelajaran mulai dari kelas 1 hingga kelas akhir. Materinya antara lain praktik wudhu, shalat, tata cara manasik haji, baca Al-Quran dan tajwid, hadis, mahfudzot, bahasa Arab, dan do’a-do’a harian. Selain itu calon santri yang akan diwisuda ini juga wajib menghafal juz 30.” jelas Ustadzah Windi.

Bagi santri TPQ yang telah lulus dari kelas 6 reguler, mereka bisa melanjutkan ke kelas intensif. Sedangkan santri yang lulus dari kelas intensif, mereka sudah memiliki bekal untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang pondok pesantren seperti Tazakka maupun lembaga pendidikan lainnya.

Selain wisuda, acara juga diisi dengan kegiatan khotmil Quran juz 29 dan 30. Acara juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan dari para santri TPQ. Ada gema shalawat, pidato 3 bahasa, tari nusantara, nasyid dan tak ketinggalan demo tahfidz.

Ustadzah Maftuhah Nurbeti pun berpesan dalam sambutannya agar para wisudawan wisudawati tak puas sampai pada titik ini. “Saya berharap yang sudah diwisuda terus meningkatkan hafalan hadis dan Al-Qurannya, juga mengamalkan apa yang sudah dipelajari. Yang masih lanjut TPQ juga harus semangat belajar, rajin dan tekun mengikuti proses pembelajaran di TPQ. InsyaAllah kelak kalian semua akan menjadi anak yang alim dan shaleh” ujarnya.